Minggu, 10 November 2013

Tugas 3. Evaluasi Alternatif sebelum Pembelian

EVALUASI ALTERNATIF
Merupakan tahap dari proses keputusan pembeli, yaitu ketika ketika konsumen menggunakan informasi untuk mengevaluasi merek alternative perangkat pilihan. Konsep dasar tertentumembantu menjelaskan proses evaluasi konsumen. Pertama, kita menganggap bahwa setiapkonsumen melihat produk sebagai kumpulan atribut produk. Kedua, konsumen akanmemberikan tingkat arti penting berbeda terhadap atribut menurut kebutuhan dan keinginanunik masing-masing. Ketiga, konsumen mungkin akan mengmbangkan suatu himpunankeyakinan merek mengenai di mana posisi setiap merek pada setiap atribut.

Himpunan keyakinan mengenai merek tertentu dikenal sebagai citra merek. Berdasarkan pada pengalamannya dan pengaruh persepsi, distorsi, dan retensi selektif, keyakinan konsumenmungkin berbeda dari atribut sebenarnya. Keempat, harapan kepuasan produk total konsumenakan bervariasi pada tingkat atribut yang berbeda. Kelima, konsumen sampai pada sikap terhadap merek berbeda lewat beberapa prosedur evaluasi. Ada konsumen yangmenggunakan lebih dari satu prosedur evaluasi, tergantung pada konsumen dan keputusan membeli.


KEPUTUSAN MEMBELI
Merupakan tahap dari proses keputusan pembeli, yaitu ketika konsumen benar-benar membeli produk. Dalam tahap evaluasi, konsumen membuat peringkat merek danmembentuk niat untuk membeli. Pada umumnya, keputusan membeli konsumen adalahmembeli merek yang paling disukai, tetapi dua factor dapat muncul antara niat untuk membeli dan keputusan untuk membeli. Factor pertama adalah sikap orang lain, dan factor kedua adalah factor situasi yang tidak diharapkan. Konsumen mungkin membentuk niatmembeli berdasarkan pada factor-faktor seperti pendapatan yang diharapkan, harga yang diharapkan, dan manfaat produk yang diharapkan.

“Konsumen mempelajari merek-merek yang tersedia dan ciri-cirinya. Informasi ini digunakan untuk mengevaluasi semua alternatif yang ada dalam menentukan keputusan pembeliannya” Philip Kotler (1998:170)

Evaluasi alternatif merupakan suatu proses dimana suatu alternatif pilihan dievaluasi dan dipilih oleh konsumen. Pada tahap evaluasi konsumen harus:


  • Menentukan kriteria yang akan digunakan untuk menilai alternatif
  • Memutuskan alternatif mana yang akan dipertimbangkan
  • Menilai kinerja dan alternatif yang dipertimbangkan
  • Memilih dan menerapkan kaidah keputusan untuk membuat pilihan akhir

Alternatif pilihan dapat muncul dalam berbagai bentuk, misalnya dalam membeli mobil seorang konsumen mungkin mempertimbangkan kriteria, keselamatan, kenyamanan, harga, merek, negara asal, dan juga speksifikasi hedonik seperti gengsi, kebahagiaan, kesenangan dan lain sebagainya. Beberapa alternatif pilihan yang umum adalah :

1.      Harga
Harga menentukan pilihan alternatif. Konsumen cenderung memilih harga yang murah untuk membeli suatu produk yang ia tahu spesifikasinya. Namun jika konsumen tidak bisa mengevaluasi kualitas produk maka harga merupakan indikator kualitas. Oleh karena itu strategi harga hendaknya disesuaikan dengan karakteristik produk.

2.      Nama merek
Merek terbukti menjadi determinan penting dalam barang. Nampaknya merek merupakan pengganti dari mutu dan spesifikasi produk. Ketika konsumen sulit sulit menilai kriteria kualitas produk, kepercayaan pada merek lama yang sudah memiliki reputasi baik dapat mengurangi resiko kesalahan dalam pembelian.

3.      Negara asal
Negara dimana suatu produk dihasilkan menjadi pertimbangan penting dikalangan konsumen. Negara asal sering mencitrakan kualitas produk. Konsumen mungkin sudah tidak meragukan lagi kualitas produk elektronik dari Jepang. Sementara, untuk jam tangan nampaknya buatan Swiss merupakan produk yang handal tak teragukan.

Keputusan untuk membeli yang diambil oleh pembeli itu sebenarnya merupakan kumpulan dari sejumlah keputusan. Setiap keputusan membeli mempunyai beberapa  komponen :
1.      Keputusan tentang jenis produk
2.      Keputusan tentang bentuk produk
3.      Keputusan tentang merk
4.      Keputusan tentang penjualnya
5.      Keputusan tentang jumlah produk
6.      Keputusan tentang waktu pembelian
7.      Keputusan tentang cara pembayaran


TINGKAH LAKU PASCA PEMBELIAN

Merupakan tahap dari proses keputusan pembeli, yaitu ketika konsumen mengambil tindakan lebih lanjut setelah membeli berdasarkan pada rasapuas atau tidak puas. Tugas pemasar tidak berakhir ketika produk sudah dibeli. Setelah pembelian produk, konsumen akan merasa puas.


Sumber : http://www.scribd.com/doc/77985477/EVALUASI-ALTERNATIF
http://nurwulan123.blogspot.com/2013/10/evaluasi-alternatif-sebelum-pembelian.html 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar